Minggu, 15 Mei 2016

Dongeng "Buah Naga"

Juliasih

“Saya suka,saya suka… buah naga itu jaen!” Teriak Dika di lingkaran besar. “Saya juga kak!”Sahut Dide. Merekalah pecinta buah--naga--yang--menjadi--topik--sabtu ini. Sangat berbeda dengan teman-temannya yang lain, Dika dan Dide menikmati sekali potongan buah naga yang diberikan kepada mereka.
“Bagaimana rasanya?”
“Manis..bu..!”kata Dika
“Ada asem kak..” kata Dide
Awalnya, hanya Dika dan Dide yang mau mencici buah ini. Namun, akhirnya semua mau mencoba. Sebelum mencoba buah naga ini, saya mengajak anak main tebak-tebakan kecil.
“Kira-kira isinya warna apa ya?” Anak-anak antusias menjawab. Ada yang menjawab putih, ada yang menyebut kuning, ada juga yang menyebutkan merah seperti kulitnya. Pak ani pun mengambilkan pisau. dia memotong perlahan sambil berkata,”Siapa ya yang kira-kira jawabannya benar?” dan…..
“Ye.. warnanya putih!”
“horee!” anak-anak bersorak.
“Loh kok ada yang lucu ya, dagingnya kok ga putih mulus? bintik-bintik apa ini?”
Dika menjawab dengan nadanya yang khas,”Itu bijinya kak, biiiihhhh lengeh gati kakakne.”
Saya hanya bisa tersenyum sambil berkata,“Ooo.. yaya.. haha, kakak baru tahu.”
-©-
Tidak banyak anak paud yang mengetahui bagaimana rasa, pohon, atau informasi mengenai buah naga. Jadi, tak banyak cerita yang saya dapat dari mereka tentang buah naga. Saya lalu mencoba memancing mereka berbicara.
“Kok namanya buah naga ya?”
(diam sejenak…). Akhirnya, Mang Ari menjawab,
“Itu.. Kulitnya mirip kulit naga! Ada sisiknya”.
“Wah, benar juga ya..bagus Mang!”  
Untuk menambah wawasan mereka tentang buah naga, saya menyiapkan sebuah video yang menampilkan pohon buah naga, bunga, jenis, cara menanam buah naga. Mereka baru tahu kalau pohon buah naga itu mirip dengan kaktus. Mang Ari sampai keluar lingkaran dan menunjukkan kaktus yang tumbuh di depan ruang bahasa Inggris. Dia sangat antusias menunjukkan bahwa ada pohon yang mirip dengan pohon naga. “Ini kak, pohonnya ini mirip kayak di video.”
“Oh iya .. itu keluarga buah naga, Mang. itu juga namanya kaktus”.
-©- 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar